Tahu kah anda VERTIGO?

Mungkin anda maupun keluarga pernah merasakan pusing seolah – olah anda maupun lingkungan serasa berputar – putar ? Inilah yang dinamakan Vertigo.

Mungkin anda maupun keluarga pernah merasakan pusing seolah – olah anda maupun lingkungan serasa berputar – putar ? Inilah yang dinamakan Vertigo.

Definisi Vertigo : kebanyakan orang mengistilahkan pusing tujuh keliling “Perasaan seolah – oleh penderita bergerak atau berputar atau seolah – olah benda di sekitar penderita bergerak atau berputar, yang biasanya disertai dengan mual dan kehilangan keseimbangan”. Vertigo bisa berlangsung hanya beberapa saat atau bisa berlanjut sampai beberapa jam bahkan hari atau bisa kambuh setiap waktu. Penderita kadang merasa lebih baik jika berbaring diam, tetapi vertigo bisa berlanjut meskipun penderita tidak bergerak sama sekali.

Vertigo biasanya muncul karena adanya gangguan sistem Vestibular (misalnya terdapat gangguan pada struktur telingga bagian dalam, saraf Vestibular, batang otak, dan otak kecil / Cerebellum). Sistem Vestibular bertanggung jawab untuk mengintegrasikan rangsangan terhadap indera dan gerakan tubuh, selain itu sistem tersebut bertugas menjaga agar suatu obyek ada di fokus penglihatan saat tubuh bergerak. Ketika kepala bergerak, sinyal ditransmisikan ke labirin, yang terdapat di telinga bagian dalam. Labirin kemudian membawakan informasi ke saraf Vestibular yang kemudian diteruskan ke batang otak dan otak kecil, yang berfungsi mengontrol keseimbangan, postur, dan koordinasi gerak.

Penyebab – penyebab vertigo : tubuh merasakan posisi dan mengendalikan keseimbangan melalui organ keseimbangan yang terdapat di telinga bagian dalam. Organ ini memiliki saraf yang berhubungan dengan area tertentu di otak. Vertigo bisa disebabkan oleh kelainan di dalam telinga, di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak di dalam otaknya sendiri. Vertigo juga bisa berhubungan dengan kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba – tiba. Tapi secara umum penyebab dari Vertigo :
+ Keadaan lingkungan (mabuk darat, mabuk laut / Motion Sickness)
+ Obat – obatan (Alkohol, Gentamisin)
+ Kelainan sirkulasi (gangguan fungsi otak sementara karena berkurangnya aliran darah ke salah satu bagian otak)
+ Kelainan di telinga (endapan kalsium pada salah satu kanalis semisirkularis di dalam telinga bagian dalam)
1. Infeksi telinga bagian dalam karena bakteri
2. Herpes Zoster
3. Labirintitis (infeksi labirin di dalam telinga)
4. Peradangan saraf vestibuler
5. Penyakit Meniere

o Kelainan Nerologis
1. Sklerosis multipel
2. Patah tulang tengkorak yang disertai cedera pada labirin, persarafannya atau keduanya
3. Tumor otak
4. Tumor yang menekan saraf vestibular

Sebelum memulai pengobatan, harus ditentukan sifat dan penyebab dari vertigo. Gerakan mata yang abnormal menunjukkan adanya kelainan fungsi di telinga bagian dalam atau saraf yang menghubungkannya dengan otak. Nistagmus adalah gerakan mata yang cepat dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah. Arah dari gerakan tersebut bisa membantu dalam menegakkan diagnosa. Nistagmus bisa dirangsang dengan menggerakkan kepala penderita secara tiba – tiba atau dengan meneteskan air dingin ke dalam telinga.

Untuk menguji keseimbangan, penderita diminta berdiri dan kemudian berjalan dalam satu garis lurus, awalnya dengan mata terbuka, kemudian dengan mata tertutup. Tes pendengaran seringkali bisa menentukan adanya kelainan telinga yang mempengaruhi keseimbangan dan pendengaran. Selain itu kita bisa secara pribadi mengadakan terapi rehabilitasi vestibular merupakan terapi fisik untuk menyembuhkan vertigo, Tujuan terapi ini adalah untuk mengurangi pusing, meningkatkan keseimbangan dan mencegah seorang jatuh dengan mengembalikan fungsi sistem vestibular. Pasien melakukan latihan agar otak dapat menyesuaikan dan menggantikan penyebab vertigo. Keberhasilan terapi ini tergantung pada beberapa faktor pasien yang meliputi usia, fungsi kognitif (memori, kemampuan mengikuti petunjuk, kemampuan koordinasi dan gerak, dan kesehatan pasien secara keseluruhan (termasuk sistem saraf pusat) serta kekuatan fisik. Pasien yang datang ke dokter akan menjalani beberapa latihan yang akan melatih keseimbangan dalam tingkat yang lebih tinggi, meliputi gerakan kepala, gerakan mata dan berjalan.
Kita bisa melakukannya dengan bantuan orang lain tapi harus hati – hati dan tidak boleh gegabah, berikut ini caranya :

* Pertama – tama duduk dalam keadaan tegak dan lemas.
* Tidurlah dengan bantuan orang ke dua untuk menidurkan anda pelan – pelan (badan ditidurkan ke belakang)
* Diharap kepala berada di bawah tempat tidur dengan bantuan orang ke dua untuk memegang (putar pelan – pelan ke kanan dan putar pelan – pelan ke kiri)
* Badan diputar ke kiri dan ke kanan pelan – pelan (diharap dengan bantuan orang lain untuk menyangga kepala)
* Berdirilah pelan – pelan ke depan (diharapkan dengan bantuan orang lain untuk membangunkan)

(Sumber : Kaskus)

Komentar ditutup.