Mc Donald INDONESIA TUTUP …..

Mengapa McDonald’s Diubah Jadi ToniJack’s
Menurut Bambang, ToniJack’s diberi embel-embel Indonesia supaya tidak diklaim Malaysia.

Mengapa McDonald’s Diubah Jadi ToniJack’s
Menurut Bambang, ToniJack’s diberi embel-embel Indonesia supaya tidak diklaim Malaysia.
Kamis, 1 Oktober 2009, 15:41 WIB

Hadi Suprapto, Ferial

Mcdonald (Vivanews/Nurcholis Anhari Lubis)

VIVAnews – Tadi siang, pengusaha Bambang Rachmadi mengganti nama 13 gerai McDonald’s miliknya menjadi ToniJacks’s Indonesia.

Ini merupakan buntut perseteruan antara McDonald’s Corporation dengan Bambang, selaku pemilik lisensi McD di Indonesia.

Bambang Rachmadi menceritakan, karena kasus perseteruan itu pada 11 Agustus 2009 McD Corp memaksa Bambang menutup gerai-gerainya paling lama 15 September.

“Dengan ultimatum itu saya bingung, bagaimana ini kalau dilakukan PHK. Kasian karyawan, mana mau Lebaran pula,” kiata dia dalam keterangan pers di Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis 1 Oktober 2009. “Saya berfikir, pokoknya jangan sampai restoran tutup.”

Setelah semalam melakukan diskusi dengan keluarga, dia memutuskan melanjutkan restoran itu dengan mengganti nama ToniJack’s Indonesia. Nama Toni, kata dia, merupakan panggilan Bambang sejak kecil.

“Nama Toni dipakai karena larangan menggunakan nama asing oleh Presiden waktu itu, ditambah Bambang karena saya anak paling tua,” tuturnya.

Sedangkan nama Jack, diambil dari cerita-cerita bajak laut. Bagi Bambang, Jack merupakan tokoh yang berkarakter lucu.

Mengapa harus lucu? ToniJack’s merupakan restoran keluarga, maka penyajian diusahakan semenarik mungkin, khususnya bagi anak-anak.

“Nama Indonesia saya pakai sebagai bentuk nasionalisme. Merek luar negeri belum tentu standar dan kualitasnya lebih bagus dari Indonesia,” katanya. “Selain itu nama Indonesia supaya tidak diklaim Malaysia.” Dia mengatakan sambil tertawa.

Saat ini gerai makanan cepat saji ToniJack’s memiliki 13 gerai di antaranya 11 gerai di Jakarta, satu gerai di Bandung, dan satu di Surabaya. Di Jakarta, salah satunya berada di pusat perbelanjaan Sarinah Thamrin.

Terkait investasi, Bambang menuturkan, tidak terlalu besar dana yang dikeluarkan. Sebab dia hanya meneruskan restoran yang ada.”Paling untuk pergantian nama, seragam karyawan, dan pembelian bahan baku makanan,” ujarnya.

Bambang mengatakan, ToniJack’s nantinya akan dikembangkan menjadi waralaba, seperti Mc Donald’s.

(Sumber : Viva News.com)

Komentar ditutup.